Salah satu kelebihan WordPress adalah adanya bermacam-macam plugin yang punya banyak fungsi utilitas dan bersifat free, plugin yaitu tools atau aplikasi-aplikasi tambahan yang melekat pada CMS ( Content Management System ) wordpress yang punya banyak manfaat untuk lebih sekedar bloging. Plugin atau content ini biasanya di manfaatkan oleh mereka-mereka yang demen ama internet marketing. Salah satu contoh plugin yang dimiliki WordPress adalah Platinum SEO Pack!, yang memudahkan pengguna untuk mendapatkan posisi PR (Page Rank) tertinggi di google. Ok lah, mari kita tinggalkan masalah WordPress karena saya sedang tidak membahas topik tersebut.

Yang ingin saya bahas sekarang ini adalah plugin hati, yang bisa di-instal dan di-remove oleh manusia itu sendiri. Saya mencoba mengolongkan plugin hati menjadi beberapa bentuk dan jenis.

1. Everytime dzikrullah.

Plugin ini membuat hati kita untuk selalu berdzikir mengingat Allah swt di setiap saat. Rasulullah pun menginstall plugin ini. Begitulah pengakuan Aisyah ra. “Adalah Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa sallam selalu berdzikir kepada Allah setiap saat.” (HR. Muslim & Abu Dawud).

Plugin ini memang bekerja di hati kita. Tapi hendaknya lisan kita pun mengikuti kerja plugin ini. Karena itu perintah dari junjungan kita Rasulullah SAW. “Hendaklah lisanmu selalu basah karena berdzikir kepada Alloh.” (dari Hadits Abu Hurairah).

2. Auto Istighfar.

Ketika kita melakukan suatu perbuatan dosa, maka kita akan segera tersadar dan beristighfar kepada Allah SWT. Begitulah fungsi plugin ini.

Plugin ini merupakan aplikasi yang tepat agar kita menjadi orang yang bertaqwa. Karena ciri orang yang bertaqwa adalah cepat menyadari kesalahannya dan kemudian bertaubat kepada Allah.

3. GhodBash

Aneh atau familiar namanya? Plugin ini singkatan dari ‘Ghodul Bashar’. Artinya adalah menundukkan pandangan. Cara kerjanya begini: Ketika mata kita menangkap objek yang Allah haramkan untuk dipandang, seketika itu juga plugin yang berada di hati kita ini bekerja mengirimkan pesan serius pada otak. Pesan itu adalah agar otak memerintahkan mata kita berpaling dari objek terlarang itu.

Plugin ini sangat berguna untuk mengaplikasikan perintah Allah pada Al-Qur’an surat An-Nur ayat 30-31.

4. eQuake.

Ya memang, plugin ini beneran ada di dunia nyata. Gunanya untuk mengingatkan kalau ada gempa. Biasanya plugin ini terpasang pada system komputasi para pengamat, peniliti dan orang yang bekerja dalam penanganan serta penanggulangan gempa.

Tapi kalau versi saya, plugin eQuake yang terpasang di hati, berfungsi untuk membuat gempa atau getaran di hati ketika terdengar nama Allah swt. Getaran atau gempa yang ditimbulkan besarnya berbanding lurus dengan kecintaan kita kepada Allah, yaitu kita Makin cinta pada Dia, maka makin besar gempa yang terjadi di hati ketika nama Allah terdengar.

Plugin ini musti terpasang di hati orang mukmin. “Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.” (QS 8:2).

5. Muhasabah.

Plugin ini berfungsi untuk mengukur fluktuasi ketaatan kita pada Allah swt. Karena iman itu mengalami pasang surut. Kalau kita memiliki plugin ini, maka kita bisa mengoptimalkan ketaatan kita pada Allah swt. Ketika ketaatan terdeteksi surut, maka kita bisa segera bertaubat dan menyegarkan iman kita, agar ketaatan kembali naik.

Kita bisa menggunakan aplikasi ini untuk memeriksa grafik ketaatan kita di waktu-waktu khusus. Misalnya akhir tahun, akhir bulan, akhir pekan, atau di akhir hari. Atau kapan saja kita mau.

6. Ikhlas content.

Plugin ini penting dimiliki oleh hati agar setiap perbuatan baik kita memperoleh pahala. Aktifkan plugin ini sebelum, ketika, dan sesudah berbuat baik.

Ada pihak ketiga yang tidak ingin plugin ini aktif. Yaitu setan. Ia berusaha menjadi intruder dalam diri kita agar plugin ini rusak. Maka selalu jagalah plugin ini! Karena aktif-nya plugin ini menjadi syarat sahnya amalan baik yang kita lakukan.

7. Anti Virus.

Ya, ada juga plugin seperti ini di hati. Karena hati kita rawan terkena virus. Kalau sudah terkena virus, maka jadilah hati kita hati yang sakit. Kalau tidak terobati juga, maka hati pun mati . Jenis-jenis virus yang diobati oleh aplikasi ini adalah: dengki, hasud, dendam, riya’, dll. Silakan lengkapi database antivirus anda dengan sesering mungkin saling bertukar ilmu dengan orang lain, membaca buku, menghadiri majelis dakwah, dll. Dalam hal anti virus ini, saya cuma bisa menggolongkan hanya menjadi dua jenis saja, kalo semisal anda punya ide yang lain silakan ditambahkan sendiri :

a. Forgiveful Security.

Selain memaafkan, kita juga harus meminta maaf pada orang lain kalau kita berbuat salah. Install-lah plugin ini agar kita tidak memiliki musuh atau punya kesalahan pada orang. Plugin ini akan bekerja di hati ketika hati terdeteksi memiliki noda berupa kezoliman pada orang. Plugin ini memaksa otak untuk segera mengucapkan kata maaf pada orang yang kita zolimi.

b. Anti Nifaq.

Penting untuk tidak menjadi munafik. Kalau tidak, kita akan memiliki musuh di langit dan di bumi. Install-lah plugin ini di hati kita. Maka kita hati kita akan memiliki karakter shidq (jujur) dan amanah.

Itulah beberapa plugin yang bisa di-install di hati kita. Ada banyak lagi plugin yang kita perlukan. Tidak cuma apa yang ada di atas. Pokoknya, semua jenis kebaikan adalah plugin yang harus terinstall di hati kita.

Plugin-plugin di atas bisa di unduh atau di donwload secara gratis, dimanapun kita berada. Prinsipnya simple koq, hati kita harus terkoneksi langsung dengan jaringan kebaikan yang di rancang Allah dalam al quran. Kemampuan plugin-plugin tersebut di jamin handal dan nggak kalah dengan plugin keluaran microsoft atau leopard keluaran Apple. Satu lagi, kalo tiba-tiba terjadi failure/hang maka plugin-plugin di atas bisa detect dan self-healing. Wih, canggih bener!

Seperti WordPress

Iklan