The difference between a smart man and a wise man is that a smart man knows what to say, a wise man knows whether or not to say it.
-Frank M. Garafola.

Kemarin seusai shalat jumat,sambil lesehan sebentar di masjid, sahabat saya berkata seperti ini : “Coba instropeksi diri kita sendiri. Berapa banyak kata-kata menyinggung yang sudah kita ucapkan. Bagus kalau masih bisa dijawab. Berarti kita masih sadar, dan jumlahnya masih bisa dihitung..”.

Tiba2 nggak ada angin, nggak ada hujan, dari bibirnya nyeletuk suatu pertanyaan seperti ini “Kalo loe di suruh milih, loe lebih bakal milih malah antara jadi orang yang cerdas atau jadi orang yang ‘wise’?”. Saya kurang begitu tau apakah maksud pertanyaan itu serius atau kah cuma iseng guyonan saja. Karena teman saya yang satu ini kalo di kantor, jago banget dengan yang namanya guyon. Koprol dan dodolnya sudah stadium akhir.

Lalu saya berpikir akan subtansi pertanyaan itu dan juga mengenai pernyataan dia sebelumnya. Mungkin kita memang tau banyak hal. Mungkin kita punya pemikiran oke. Tapi apakah itu relevan untuk disampaikan. Apakah ngga akan ada yang terganggu? Atau bahkan tersinggung?

Ngga semua hal yang ngga sesuai sama kata hati harus kita ucapkan tho? Terkadang memang diam itu emas kok. Sekali lagi, terkadang.

Semua kembali ke pilihan hidup masing-masing..
Memang ngga semua orang senang untuk bisa bersikap seperti apa yang kita harapkan..

Just another self introspection

Tentu saja, saya gak mungkin bisa “memuaskan hati” setiap orang.

Tapi pasti, saya akan lebih introspeksi ke dalam, menjaga sendiri “harimau” saya, supaya tidak “mengaum” semaunya…Intinya, saya ndak mau main-main dalam menggunakan lidah saya, seperti apa yang selalu saya yakini bahwa hal yang paling tajam di dunia ini adalah lidah.

*Think about what my mom’s said, Berkata-katalah yang baik, atau diam.*

All these words we speak, casually well maybe I’m just weak. But it hurts me everything you said, everything you said, everything you said well it cuts, like a knife it hurts me deep inside. And I know you are just like me oversensitive where an ordinary breed. Taking everything for much more than it means well it’s dangerous, and it’s sweet cut us and we bleed…

Grow into the beautiful person

