Malam ini, saya menyadari suatu hal. Mungkin tidak terlalu berarti untuk sebagian orang tapi cukup berarti untuk saya. Begini ceritanya, mungkin semua orang sudah sangat kenal dengan yang namanya online, lalu masuk ke messenger apapun itu, baik yahoo, g-talk, facebook, ataupun yang lainnya. Disadari atau tidak, apabila kita sedang chating dengan seseorang, lalu si lawan bicara kita mengetikan suatu atau beberapa kalimat, secara langsung kita akan membacanya dalam hati dan mungkin kita akan membacanya dengan nada yang seakan akan orang itu ucapkan jika bertemu secara langsung. Bener ga ? Tapi, nada bicara itu tergantung orangnya.. Contoh : “yaaaa???” bisa berarti yaa yang sangat lembut yang seakan akan sangat baik ataupun bisa ya biasa saja, itu tergantung orang mengartikannya.. Contoh lainnya, “mauu pulang” itu bisa berarti mau pulang yang secara sopan ataupun menyentak orang itu tergantung orang mengartikannya.. Pengalaman saya, ketika sedang chating, lawan bicara saya mengatakan sesuatu yang apabila dibcakan menurut saya sangat bagus, dan saya meminta dia menambah perkatannya, dan ketika dibacakan dengan nada saya, menurut saya itu sangat bagus padahal mungkin untuk orang lain tidak ada artinya, atau bahkan untuk si lawan chat saya mungkin tidak mengerti juga maksudnya apa, tapi buat saya dengan nada baca saya sendiri, bisa berkata lain tulisan tersebut. Setiap chat, ketika lawan chat saya menuliskan sesuatu, saya suka membacanya dengan nada menurut saya sendiri. Hanya dari tulisan pula kita bisa salah mengartikan sesuatu sehingga pantaslah jika tulisan itu bisa berkata lain …

